Selasa, 05 Agustus 2008

Tugas 3

Stress (Psikologis)

Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres membuat tubuh untuk memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

Gejala-gejala

  • Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega.

  • Bertindak secara agresif dan defensif

  • Merasa selalu lelah.

  • Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa.

  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar.

  • Otot-otot tegang.

  • Sakit kepala, perut dan diare.

Komplikasi

  • Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

  • Sakit mental, hysteria.

  • Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan.

  • Tidak bisa tidur (insomnia).

  • Migren/kepala pusing.

  • Sakit maag.

  • Serangan asma yang tambah berat.

  • Ruam kulit.

Penyebab

  • Kejadian hidup sehari-hari baik gembira dan sedih seperti:
    - Menikah/mempunyai anak.
    - Mulai tempat kerja baru/pindah rumah/emigrasi.
    - Kehilangan orang yang dicintai baik karena meninggal atau cerai.
    - Masalah hubungan pribadi.

  • Pelajaran sekolah maupun pekerjaan yang membutuhkan jadwal waktu yang ketat, dan atau bekerja dengan atasan yang keras dan kurang pengertian.

  • Tidak sehat.

  • Lingkungan seperti terlalu ramai, terlalu banyak orang atau terlalu panas dalam rumah atau tempat kerja.

  • Masalah keuangan seperti hutang dan pengeluaran di luar kemampuan.

  • Kurang percaya diri, pemalu

  • Terlalu ambisi dan bercita-cita terlalu tinggi.

  • Perasaan negatif seperti rasa bersalah dan tidak tahu cara pemecahannya, frustasi.

  • Tidak dapat bergaul, kurang dukungan kawan.

  • Membuat keputusan masalah yang bisa merubah jalan hidupnya atau dipaksa untuk merubah nilai-nilai/prinsip hidup pribadi. Yang dapat anda lakukan

Bagaimana mencegah stress ?

  • Lihat/ukur kemampuan sendiri. Belajar untuk menerima apa adanya dan mencintai diri sendiri.

  • Temukan penyebab perasaan negatif dan belajar untuk menanggulanginya. Jangan memperberat masalah dan coba untuk sekali-kali mengalah terhadap orang lain meskipun mungkin anda di pihak yang benar.

  • Rencanakan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan anda dalam jangka lama dan beri waktu secukupnya bagi diri anda untuk menyesuaikan dari perubahan satu ke yang lainnya.

  • Rencanakan waktu anda dengan baik. Buat daftar yang harus dikerjakan sesuai prioritas.

  • Buat keputusan dengan hati-hati. Pertimbangkan dengan masak-masak segi baik atau buruk sebelum memutuskan sesuatu.

  • Biarkan orang lain ikut memikirkan masalah anda. Ceritakan kepada pasangan hidup, teman, supervisor atau pemimpin agama. Mereka mungkin bisa membantu meletakkan masalah anda sesuai dengan proporsinya dan menawarkan cara-cara pemecahan yang berguna.

  • Bangun suatu sistim pendorong yang baik dengan cara banyak berteman dan mempunyai keluarga yang bahagia. Mereka akan selalu bersama anda dalam setiap kesulitan.Jaga kesehatan, makan dengan baik, tidur cukup dan latihan olahraga secara teratur.

  • Rencanakan waktu untuk rekreasi.

  • Tehnik relaksasi seperti napas dalam, meditasi atau pijatan mungkin bisa membantu menghilangkan stress.





Hubungan Stress dengan Maag


Karena kesibukan bekerja dan berkativitas, terkadang rasa lapar tak dihiraukan. Karena dikejar deadline atau pun kejar target. Kebiasaan seperti ini terkadang membuat gejala mag melanda. Apa seh, mag itu sebenarnya?

Radang lambung atau bisa disebut mag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit. Penyebabnya bisa karena penderita makannya tidak teratur atau sebab lain.

Mag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita mag makan terlalu banyak akan terasa sakit. Sedangkan bagi penderita mag yang sudah parah, penyakit mag tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Mag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang 'kambuh' apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Tetapi mag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, dan jangan jajan sembarangan.

Selain itu, juga bisa menimbulkan mag. Sakit mag timbul pada lambung yang disebabkan terkontrolnya produksi asam lambung. Gejalanya seperti perih pada lambung, terutama pada saat telat makan, perut terasa kembung, sering bersendawa, mual, dan kadang-kadang juga diikuti muntah.

Seringkali asam lambung memang naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam, namun tidak selalu demikian. Pada penderita sakit mag yang parah, bahkan dapat menyebabkan pingsan. Jika sakit maag tidak segera diatasi, akan timbul gangguan kesehatan lain yang lebih parah, antara lain lambung menjadi luka yang disebut tukak lambung. Semua gejala ini timbul akibat keseimbangan asam lambung yang terganggu.

Penyebab asam lambung terganggu, bisa dikarenakan stres. Karena stres bisa menyebabkan perubahan hormonal sedemikian rupa di dalam tubuh selanjutnya akan merangsang sel-sel di dalam lambung memproduksi asam dalam jumlah berlebihan. Asam yang berlebihan ini menyebabkan lambung terasa nyeri, perih dan kembung, yang lama kelamaan dapat membuat luka pada dinding lambung. Menghilangkan stres juga dapat menghilangkan mag.

Hal lain yang menyebabkan sakit mag adalah makan tidak teratur. Sebagaimana diketahui lambung asam, yang disebut asam lambung, yang sangat diperlukan membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang dimakan tidak dapat tercerna dengan baik. Sehingga zat-zat gizi tidak dapat diserap secara optimal oleh tubuh.

Jadi asam lambung dalam jumlah seimbang memang diperlukan tubuh, tetapi jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung biasanya meningkat pada saat tubuh memerlukannya, yaitu ketika sedang makan. Sebaliknya pada saat tidak memerlukannya produksi asam lambung akan menurun kembali.

Tubuh adalah suatu sistem yang sangat canggih.. Tubuh dapat merekam kebiasaan-kebiasaan buruk dan membentuk suatu pola tertentu yang disebut bioritme. Tubuh akan mempersiapkan diri sesuai dengan bioritme. Tubuh dapat mengingat kapan waktunya kita biasa makan dan bahkan berapa banyak. Pada saat itulah lambung mempersiapkan diri dengan memproduksi asam lambung yang kurang lebih sesuai jumlahnya, agar ketika makanan masuk, lambung dapat mencerna makanan dengan baik.

Jika pola makan tidak teratur, tubuh menjadi "bingung", kapan saat yang tepat memproduksi asam lambung dan berapa banyak yang harus diproduksi. Akibatnya produksi asam lambung tidak seimbang, dan timbullah sakit mag.

Stres dan juga makan tidak teratur dapat dapat memproduksi zat asam dalam jumlah yang berlebihan dan tidak seimbang. Oleh karena itu, coba diusahkan agar dapat makan dengan teratur dan untuk menghilangkan gejala-gejala sakit mag harus menghindari makanan yang pedas dan asam. Sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Demikian pula obat-obat tertentu, misalnya obat pusing, demam dan sakit gigi, ada yang dapat memperparah sakit mag juga harus dihindari.


Fungsi Hemisparium Cerebri Kanan (Otak Kanan)



Belahan otak kanan memiliki fungsi yang khusus yang berlainan dengan belahan otak kiri. Belahan otak kanan memiliki fungsi: acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh.

Fungsi Otak Kanan:

  1. Acak

  2. Tidak Teratur

  3. Intuitif

  4. Menyeluruh

1. Acak

Acak yang dimaksud di sini adalah bahwa belahan otak kanan bekerja menghasilkan suatu ide, atau suatu kesimpulan tidak melalui suatu proses berpikir yang kaku. Dalam menghasilkan suatu lukisan yang indah seorang pelukis menemukan idenya tanpa harus berpikir logik. Ia berimajinasi dari suatu peristiwa pada peristiwa yang lain, dari suatu keadaan kepada keadaan yang lain.

2.Tidak teratur

Belahan otak kanan memiliki karakterisik untuk berpikir tidak teratur. Ia dapat langsung pada ide pokoknya baru pada bagian lain yang lebih kecil, atau memulai sesuatu tanpa ada tahapan yang jelas.

3. Intuitif

Berpikir intuitif adalah berpikir di mana ide atau gagasan didapat tanpa melalui proses berpikir yang rasional. Ide atau gagasan itu muncul saja dari dalam pikirannya tanpa ia mengetahui dari mana asal pikiran itu. Ketika berada dalam kamar mandi terkadang muncul solusi atas permasalahan yang sebelumnya tidak kita ketemukaan jawabannya. Atau tiba-tiba kita ingin sekali pergi menemui ibu kita di rumah tanpa ada sesutu yang terjadi sebelumnya. Itulah berpikir intuitif.

4. Menyeluruh

Berpikir menyeluruh adalah berpikir dengan mempertimbangkan banyak hal. Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, berbagai aspek. Dengan fungsi otak kanan ini, manusia dapat berpikir bahwa yang menyebabkan banjir bukan hanya karena hujan besar, akan tetapi banyak faktor lain lagi, seperti perilaku membuang sampah di kali, hilangnya daerah serapan air, banyaknya bangunan, dan lain sebagainya.

Cara berpikir otak kanan bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat nonverbal, seperti perasaan, dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (perasaan kehadiran suatu benda atau orang), kesadaran ruang, pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreativitas, dan visualisasi.

Fungsi Lain Belahan otak kanan:

Kreativitas

Konseptual

Inovasi

Gagasan

Analogi

Imaginasi / mengkhayal

Warna & gambar

Musik / melodi / irama

Tidak ada komentar: